Manajemen Waktu (Bagian 2)

PILIH WAKTU UNTUK SELESAIKAN TUGAS UTAMA

Agar waktu bisa dimanfaatkan secara efisien, jangan melakukan semua pekerjaan. Konsentrasi pada pekerjaan paling penting, dan pilih waktu yang tepat untuk menyelesaikan.

Janganlah melakukan segala-galanya
Sebuah pepatah lama berbunyi: "Jika Anda ingin menjadikan sesuatu, suruhlah orang yang sibuk untuk melakukannya". Wirausaha sibuk, namun tindakan-tindakannya ada tujuannya. Pusatkan perhatian anda hanya pada yang penting-penting. Dengan berorientasikan tujuan, anda harus melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada hasil-hasil yang berarti. Bersifatlah selektif dalam kegiatan-kegiatan kerja anda dan jangan melakukan segala-galanya. Belajarlah untuk mengatakan "tidak" pada kegiatan-kegiatan yang memakan waktu, yang tidak berkaitan langsung dengan tujuan - tujuan prioritas anda.

Tetapkan Waktu
Tetapkanlah waktu anda untuk melakukan tugas-tugas utama, selama tiga atau empat jam pada saat anda biasanya merasa paling efektif dalam suatu hari. Kegiatan-kegiatan anda lainnya hendaknya dijadwalkan di sekitar waktu yang sudah ditetapkan tadi. Jika biasanya efektif sekitar makan siang, ambillah sarapan pagi banyak-banyak dan abaikan makan siang. Berkonsentrasi pada pekerjaan utama tanpa gangguan selama tiga atau empat jam dapat sangat produktif.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan sebelum memulai
Hampir semua pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Sebelum memulainya, jawablah lebih dahulu pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa? Di mana? Kapan? Siapa? Bagaimana? Mengapa? Jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu akan membantu anda menemukan cara-cara yang lebih efisien dalam melaksanakan pekerjaan anda. Untuk setiap langkah kegiatan, tanyalah diri anda: "Mengapa saya perlu melakukan ini?" Jawaban-jawaban anda akan membantu dalam menentukan tugas-tugas penting dari kegiatan itu.

CHOOSE THE BEST TIME TO FINISH MAIN TASKS

In order to use the time efficiently, do not do all jobs. Concentrate on the most important job, and select the appropriate time to complete it.

Do not do all jobs.
An old proverb says: "If you want to make something, send a busy person to do it". Entrepreneur is busy, but his actions have some certain purposes. Focus your attention only on the essential jobs.
With a goal oriented, you have to do the activities that lead to the meaningful results. Be selective in doing the activities of your job and do not do all of them. Try to say "no" to the activities that take much time which is not directly related to the purpose - your priority goals.

Set the time
Establish the best time to do the main tasks for three or four hours at the time you usually feel most effective in one day. Other activities should be scheduled at other time around the time set earlier.
If you usually the most effective time is around lunch, take breakfast a lot and ignore lunch. Concentrate on the major job without interruption for three or four hours can be very productive.

Ask questions before you start doing your main tasks can make almost all the work can be done more efficiently. Before you begin your job, firstly answer questions such as: What? Where? When? Who? How? Why? The answers of these questions will help you to discover some ways to be more efficient in carrying out your work. For each step in doing your activities, ask yourself: "Why do I need to do this?" Your answers will help you in determining important tasks of the activity.


(WM/E116/ThV/7-20/10/05)