Manajemen Waktu (Bagian 1)

MENETAPKAN TUJUAN DAN BATAS WAKTU

Manajemen waktu menyerupai kebiasaan-kebiasaan kerja. Penggunaan waktu yang baik semata-mata berarti mencapai keluaran maksimal dalam waktu yang tersedia. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara.

Tentukan tujuan-tujuan khusus harian
Pastikan bahwa kita memahami apa yang ingin dicapai setiap hari. Sebelum sampai atau segera setelah kita sampai di tempat kerja, susunlah tujuan kerja menurut urutan pentingnya. Kerjakan lebih dulu tujuan yang paling penting. Kesampingkan semua pekerjaan lain, sebelum yang paling penting tadi tercapai. Jangan biarkan pengaruh luar menghentikan penyelesaian tujuan kita.
Tujuan-tujuan utama mungkin memerlukan pemusatan perhatian sepenuhnya. Karena itu coba bekerja sendiri sampai tujuan tercapai. Jauhilah segala hal tang mengganggu, atau mengalihkan perhatian. Tetapkanlah kerutinan-kerutinan operasional perusahaan sedemikian rupa, sehingga dapat berjalan tanpa kehadiran kita. Jika persoalan-persoalan perusahaan selalu mengganggu konsentrasi kita, maka perlu diadakan perubahan.

Motivasi dari dalam
Para wirausaha biasanya individual yang bermotivasi tinggi, dan menikmati pekerjaan apapun yang mereka kerjakan. Kebanyakan orang mampu mencapai tujuan-tujuan yang mirip dengan apa yang mereka inginkan. Namun, wirausaha mampu memotivasi dirinya sendiri untuk memproduksi hasil yang tinggi pada pekerjaan yang harus mereka lakukan.

Tetapkan batas waktu
Lebih banyak pekerjaan yang dapat dilakukan, jika kita menempatkan batas waktu tertentu untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Namun, pastikan agar batas waktu tersebut realistis. Sekali telah ditetapkan, kita haruslah berbuat apapun untuk memenuhi batas waktu.


SETTING GOALS AND TIME LIMITATION

Time management is like work habits.
Using the time well simply means achieving the maximum output in the available time. It can be achieved in various ways.

Set the daily specific goals.
Make sure that we understand what you want to achieve every day. Before or soon after we arrived at the work place, arrange the work objectives based on importance scale.
Do the most important goals first.Put aside all other work, before the most important one is achieved. Do not let outside influences stop the completion of our goals.The main objectives may require full concentration. Therefore, try to work alone until the goal is reached. Stay away from all disturbing things or the things which will distract the concentration. Establish operational routinity as good as possible so that it can run without our presence. If the company's problems always interfere our concentration, then it is necessary to be changed.

Motivation from within
The entrepreneurs are usually highly motivated individual, and enjoy whatever work they do.
Most people are able to achieve goals which are similar to what they want. However, entrepreneurs are able to motivate themselves to produce high quality results in their work to be done.

Set a time limitation
More work can be done, if we put a certain time limit to achieve certain tasks. However, make sure that deadlines are realistic.Once established, we should do anything to fulfill the deadline.


(WM/E155/ThV/2410-611/05)