Manajemen Waktu (Bagian 3)


Berorientasilah pada tindakan
Sekali kita memutuskan untuk memecahkan suatu persoalan tertentu, rancanglah sebuah tindakan dan mulailah. Sekali kita mulai, cobalah selesaikan sebanyak mungkin dan secepat-cepatnya. Sediakan waktu untuk merencanakan pekerjaan, kemudian luangkanlah waktu untuk mengerjakan rencana.
Orientasi tindakan ini dapat membantu kita, untuk tidak menunda suatu penanganan problem. Lagi pula, jika kita memandang setiap problem sebagai suatu kesempatan untuk peningkatan potensi, kita akan lebih sadar akan cara kreatif dan inovatif dalam memecahkan problemnya.

Bergurulah pada pengalaman
Meninjau kembali pengalaman-pengalaman lampau, membantu kita menentukan pengalaman-pengalaman mana yang menarik, produktif dan mana yang membosankan, menghabiskan waktu dan tidak produktif. Kita akan mengalami pengalaman-pengalaman serupa di masa depan, dan untuk memilih kegiatan-kegiatan yang paling berharga dan produktif tergantung pada kita sendiri.

Rencanakan hari esok secara terperinci
Pada akhir setiap hari, siapkan suatu jadual untuk hari-hari berikutnya. Bahkan kita mungkin dapat memulai dengan satu kegiatan sebelumnya, sehingga besoknya bisa lancar mulai bekerja dan tidak menunda-nunda. Kadang kita lebih mudah menyelesaikan suatu kegiatan daripada memulainya. Akhir hari juga merupakan waktu baik untuk meneliti bagaimana kita telah memboroskan waktu atau menggunakannya secara tidak efisien. Catatlah pemborosan-pemborosan waktu ini. Dengan demikian kesalahan-kesalahan yang sama tidak akan terulang di masa depan.

Tanyakan penggunaan waktu
Agar kita dapat mengelola waktu dengan baik, ajukanlah pertanyaan-pertanyaan berikut:

* Kegiatan-kegiatan manakah yang sedang saya lakukan, dan seharusnya tidak saya lakukan atau dapat didelegasikan kepada orang lain?
* Apakah saya menetapkan prioritas ketika memutuskan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan?
* Apakah kegiatan-kegiatan saya terjadwal sehingga dapat dilaksanakan dalam jangka waktu yang masuk akal?
* Apakah saya mampu berkonsentrasi atas satu kegiatan secara berturut-turut?



OVERCOMING PROBLEMS QUICKLY AND DO EVALUATION

Action Oriented
Once we decide to solve a particular problem, set a plan and start the action.Once we started, try to finish as much as possible and as quickly as possible. Take time to plan the work, then take time to work on the plan.The orientation of these actions can help us not to delay in handling a problem.
Moreover, if we look at every problem as an opportunity for potential improvement, we will be more aware of creative and innovative way in solving the problem.

Experience is the best teacher
Reviewing past experiences will help us in determining which experiences are interesting, productive and which are tedious, time consuming and not productive. We will experience similar things in the future, and choosing the most valuable and productive activities depend on our own.

Plan your next day in detail
At the end of each day, prepare a timetable for the next day. In fact we may start an activity before the day, so on the next day we can begin the job smoothly and do not procrastinate.
Sometimes it is easier to complete an activity than to start. End of the day is also a good time to examine how we have wasted our time or use it inefficiently.Record this waste of time. Thus the same mistakes will not happen in the future.

Ask the use of time
In order to manage the time well, ask the following questions:
  • Which activities I am doing which actually should not be done or can be delegated to others?
  • Did I set priority when deciding which activities should be done?
  • Do my activities scheduled so that it can be done within a reasonable time?
  • Am I able to concentrate on one activity in a row?

(WM/E117/ThV/2111-0412/05)