Antisipasi Kelemahan Pemasaran

Dalam bidang pemasaran, perusahaan kecil makanan umumnya memiliki beberapa kelemahan dibanding perusahaan besar. Kelemahan itulah yang, pada akhirnya, seringkali mendorong konsumen untuk berbelanja di toko besar atau memilih produk keluaran perusahaan besar.

Berikut sebagian kelemahan yang banyak ditemui dari perusahaan kecil, dan harus segera diperbaiki agar bisa tetap eksis di tengah-tengah persaingan usaha yang ketat.

Kelemahan umum

1. Tidak banyak pilihan / tidak banyak jenis produk.
2. Terlalu cepat kehabisan persediaan untuk produk tertentu.
3. Salah kelola usaha (manajemen).
4. Harga terlalu tinggi untuk produk yang kualitasnya terlalu rendah.
5. Tidak segera mengganti / menarik produk yang sudah basi atau apek.
6. tidak mengikuti perkembangan jaman /tren.
7. Ruang toko yang tidak nyaman karena ada bau yang bukan wangi roti, seperti bau cat, asap dapur, dll.
8. Tempat terlalu dingin atau lembab saat musim dingin, sebaliknya terlalu panas saat musim panas.
9. Tidak memasang iklan.

Toko dan etalase

1. Layout toko dan susunan etalase tidak teratur.
2. Kurang penerangan.
3. Ruangan kotor (lantai, etalase dan kaca).
4. Lemari kaca, panci cetakan, nampan dan kain serbet kelihatan kotor.
5. Lalat, semut, kecoa dan serangga-serangga lainya dibiarkan berkeliaran.
6. Anak-anak atau bayi pemilik toko berada di ruangan toko.
7. Koran dan sampah lainya berceceran di ruangan toko.
8. Memajang kue / produk di atas nampan yang kotor / hitam.
9. Tidak pernah dilakukan perubahan layout ruangan dan etalase sehingga terkesan membosankan.

Para Penjual/ Pelayan Toko

1. Tangan dan pakaian yang kotor, serta rambut tidak disisir.
2. Sikap sombong, angkuh, masa bodoh dan tidak ramah.
3. Karyawan toko masuk - keluar ruangan dalam keadaan tidak rapi.
4. Pelayan yang berlebihan terkesan memaksa membeli produknya.
5. Minimnya pemahaman tentang produk yang dijual.
6. Konsumen dibiarkan terlalu lama menunggu, karena pelayanan yang lambat.
7. Tidak menggunakan penjepit unutk mengambil kue.
8. Kue yang sudah jatuh dipungut kembali dan disatukan dengan yang lain.
9. Bungkusan / kemasan tidak rapi.
10. Salah dalam memberi uang kembalian.
11. Memberikan produk tidak sesuai permintaan, sehingga harus ditukar atau diganti.
12. Bekerja sambil membaca buku atau surat kabar.
13. Cenderung menyalahkan pelanggan.
14. Tidak menyampaikan ucapan terima kasih kepada konsumen atas pembeliannya.


ANTICIPATING MARKETING WEAKNESSES

In the field of marketing, small companies generally have some weaknesses than big companies.
The weaknesses often encourage consumers to shop at big stores or choose a product of big companies.

Here are some of the weaknesses found by many small firms, and must be remedied in order to exist in the midst of tight competition.

General weakness

1.There are a few of choices / there are not many types of products.
2.Too fast in running out of supplies for a particular product.
3.Mismanaged business.
4.The price is too high for the quality of product which is too low.
5.Not replace the products which are stale or moldy immediately.
6.Not follow the world trends.
7.Room which is not comfortable because there is the smell of paint, kitchen smoke, etc.
8.The place is too cold or humid in winter and it is too hot during the summer.
9.Not publish advertisements.

Stores and display

1. Store layout and window arrangement is in a mess.
2. Poor lighting.
3. Dirty room (floor, window and glass).
4. Glass cabinets, pan molds, trays and napkins look dirty.
5. Flies, ants, cockroaches and other insects are allowed to wander.
6. Children or infants of the owner are in the room.
7. Newspapers and other trash scattered in the store.
8. Displaying the cake or products on the dirty tray.
9. Never doing a change of room layout so it seems boring.

The seller or waiter

1. Dirtu hands and clothes and uncombed hair.
2. Arrogant attitude, indifferent and unfriendly.
3. Employee entered the store - out of the room in a mess condition.
4. The waiter seemed excessive in forcing the customers to buy the products.
5. The lack of understanding of the products which are sold.
6. Consumers are left too long to wait because the service is slow.
7. Not using tongs to take the cake.
8. Cake which has fallen back is collected and united with the others.
9. The package is not to mess with.
10. Wrong in giving change.
11. Giving the product which is not wanted so that it should be exchanged or replaced.
12. Working while reading a book or newspaper.
13. Tend to blame the customer.
14. Not to thank the consumers for the buying of our products.


(WM/E158/ThIX/09)