Membuat Donat Lezat

Meski pembuatan donat tampaknya tidak terlalu rumit, tapi belum tentu hasilnya maksimal. Misalnya tidak lembut atau empuk, cepat keras dan sebagainya. Jika donat seperti itu dijual, besar kemungkinan tidak akan laku.
Donat yang baik minimal mempunyai ciri sebagai berikut:
  • Bila digigit tidak lengket dan tidak alot.
  • Tidak menyerap minyak.
  • Tekstur halus dan lembut.
  • Keempukan terjaga.
  • Harus ada ring donat setelah di goreng.
Untuk menghasilkan donat dengan ciri-ciri tersebut, tentu saja kita harus mengikuti resep yang baik. Namun itupun bukan jaminan hasilnya akan sesuai  dengan harapan. Sebab dalam prakteknya ada hal-hal lain yang tidak tercantum dalam resep, tapi sangat berpengaruh pada kualitas donat yang dibuat. Karena itu ikutilah beberapa tips di bawah ini:
  1. Bila ingin donat lembut dan empuk, telur yang digunakan adalah kuningnya saja.
  2. Tambahkan margarine lebih banyak, bila jumlah telurnya kurang atau terlalu banyak putihnya.
  3. Bila ingin volume donat maksimal dan hasil maksimal, diusahakan dalam proses pengadukan harus benar-benar kalis. Cara pengadukannya juga harus benar, jumlah tenaga yang dikeluarkan harus seimbang dengan kandungan protein dalam tepung. Semakin tinggi protein yang terkandung dalam tepung, tenaga yang dikeluarkan juga harus semakin besar. Begitu juga sebaliknya.
  4. Bila donat banyak menyerap minyak, usahakan dalam proses penggorengannya tidak terlalu sering di bolak-balik. Jadi dalam menggoreng donat usahakan membaliknya cukup satu kali saja.
  5. Bila donat masih mentah dan luarnya sudah hangus, berarti minyak terlalu panas atau gula dalam resep terlalu banyak.
  6. Usahakan dalam menggoreng donat ada ring donat (lingkaran putih pada luar donat) tandanya donat sudah siap goreng. Tetapi bila ring terlalu besar, berarti donat terlambat dalam menggorengnya. Lebar ring donat paling ideal adalah 1 sampai 2 mm.
  7. Donat setelah matang dan dingin dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama, asal ditutup plastik dan disimpan dalam freezer. Dengan cara itu donat bisa tahan sampai 2 minggu. Bila donat akan dikonsumsi, keluarkan donat dari freezer dan di istirahatkan pada ruangan biasa selama 10 menit, maka donat akan normal kembali.
  8. Untuk memberi toping coklat pada donat, yang baik adalah simpan donat dalam lemari pendingin selama 30 menit, kemudian donat siap ditoping dengan coklat. Hasilnya akan lebih sempurna.
(WM/ E112/ ThV/ 12-25 September 2005)