Apa Beda Baking Powder dengan Baking Soda?

Baking Powder dan Baking Soda termasuk dalam Bahan Pengembang (Leaveing Agent). Keduanya berfungsi membuat kue menjadi mengembang karena adanya Karbondioksida (CO2) yang dihasilkannya.
Baking Soda/ Soda Kue
Baking soda adalah sodium bikarbonat murni. Saat Baking Soda tercampur dengan cairan dan bahan-bahan yang mengandung asam (yougurt, coklat, susu, madu dll) maka akan menghasilkan gas karbondioksida yang membuat kue mengembang.
Proses penghasilan gas ini terjadi pada saat pencampuran adonan dan berlangsung cepat, karena setelah baking soda dicampur adonan harus segera dipanggang. Hal ini sering kita jumpai saat melihat orang membuat martabak manis, baking soda (soda kue) dicampurkan terakhir pada saat bahan lain sudah tercampur rata sebelum dipanggang sehingga pada saat dipanggang gas yang dihasilkan pada saat pencampuran tidak banyak yang hilang dan martabakpun berbentuk sarang dengan sempurna.

Baking Powder
Baking powder merupakan Sodium Bikarbonat (soda kue) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati). Baking Powder ada 2 jenis, Yaitu single acting dan double acting.

Single acting diaktifasi pada saat terkena cairan (saat pencampuran) karena itu setelah pencampuran adonan harus segera dipanggang. Sedangkan Double Acting pada saat pencampuran adonan, gas yang terbentuk mulai muncul tetapi mayoritas gas terbentuk pada saat suhu adonan meningkat yaitu waktu dipanggang. Karenanya adonan tidak masalah jika harus menunggu sebelum dioven.
Kapan Kita Menggunakan Baking Powder atau Baking Soda?
Pada dasarnya tujuan kita menggunakan kedua bahan tersebut untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang bagus dan rasa yang enak.
Baking Soda menghasilkan gas yang lebih sedikit dan rasa yang agak pahit jika di dalam resep tidak ada bahan lain yang mengandung asam. Sedangkan baking powder karena di dalamnya sudah terkandung bahan yang mengandung asam (cream of tartar), gas yang dihasilkan lebih banyak dan rasanya lebih netral. Biasanya baking soda sering digunakan untuk membuat cookies dan baking powder sering digunakan untuk membuat cake biscuit.

Bisakah keduanya saling menggantikan?
Kita menggunakan baking powder untuk menggantikan baking soda. Untuk itu, perlu mempertimbangkan komposisi bahan lain yang mengandung asam di dalam resep karena berpengaruh terhadap gas yang dihasilkan oleh baking soda tersebut. Atau kita juga dapat mencampur baking soda dengan cream of tartar, dengan perbandingan 1 : 2, (1 bagian baking soda dicampur dengan 2 bagian cream of tartar).

(WM/ E152/ThVIII) DOWNLOAD