Kebersihan Pribadi Sangat Menentukan

Produk pangan yang bersih dan sehat sangat ditentukan oleh kebersihan pribadi pada semua orang yang terlibat dalam proses pembuatannya.

Tubuh manusia merupakan area pembiakan bakteri yang baik. Bahkan orang sehat pun membawa sejumlah mikro-organisme, di antaranya bersifat pathogen (menyebabkan penyakit). Banyak bakteri pathogen yang hidup di usus manusia, saluran pernafasan, telinga, jerawat dan lain sebagainya. Oleh karena itu kebersihan pribadi sangat penting untuk menghambat terjadinya perpindahan bakteri dari tubuh manusia ke makanan.

Sedapat mungkin orang-orang yang terlibat dalam penanganan produk makanan harus menghindarkan masuknya bakteri pada produk yang dibuatnya, dengan jalan menerapkan kebersihan pribadi dan menghindari terjadinya kontaminasi silang. Untuk melakukan hal itu dengan efektif, mereka harus tanggap terhadap segala kemungkinan sumber kontaminasi.

Beberapa objek penting yang mesti diperhatikan dalam menjaga kebersihan pribadi: rambut, tangan jari, perhiasan, pakaian, luka dan penyakit.

(WM/E131/ThVI/Desember2006)