Mempromosikan Bisnis Usaha Kecil


Reputasi Diri
Pengusaha kecil harus memiliki kepribadian dan reputasi yang baik, karena biasanya berpengaruh langsung terhadap citra usaha dan produksi. Jadi, dalam hal ini, tindakan - tindakan si pengusaha, bisa mendukung kegiatan promosi dan sebaliknya.

Membangun Kepercayaan
Bangun kepercayaan konsumen, terutama melalui mutu produk dan pelayanan yang konsisten. Kegiatan promosi memang harus menonjolkan segala keunggulan. Tapi, jika dilakukan secara berlebihan tanpa dukungan fakta, akan sangat mengecewakan konsumen.

Memahami Pasar
Agar kegiatan promosi efektif, sebelumnya target pasar harus benar-benar dipahami. Ketahuilah ciri-ciri konsumen, seperti; pendapatan, pekerjaan, golongan umur, dan minat-minat khusus mereka. Lebih lengkap lagi ketahuilah juga asal mereka, kapan mereka biasa membeli, dan mengapa mereka membeli produk kita. Ketahuilah besarnya bagian pasar anda yang sekarang dari pasar yang seluruhnya. Buatlah promosi penjualan yang berbeda dengan promosi yang dilakukan pesaing. Amatilah promosi yang berhasil dari para pesaing. Kegiatan promosi hendaknya didasarkan atas kebutuhan sesungguhnya dari calon konsumen.

(WM/ E119/ ThV/ 191205-010106)