Mengantisipasi Kebutuhan Pelanggan


Melayani pelanggan, sebaiknya tidak hanya sebatas memberikan produk yang mereka beli. Ada hal-hal lain yang juga penting diperhatikan.
  1. Pastikan pelanggan telah memiliki semua barang yang dibutuhkan untuk memakai produk tersebut (misalnya bila membeli roti tawar, tanyakan apakah ia memerlukan mentega, selai, dsb.)
  2. Membantu mengurangi kebingungan. Bila pelanggan bingung memilih cake yang tepat untuk ulang tahun anaknya yang beranjak dewasa, bantulah memilihnya dengan alasan yang tepat.
  3. Menanggapi ketergesaan pelanggan. Bila pelanggan sedang terburu-buru, bekerjalah dengan cepat untuk mengakolodasinya.
  4. Membuat ruang kerja bebas penghalang dan mudah diakses.Area yang terbuka terlihat lebih baik dan memudahkan komunikasi.
  5. Selalu siap saat pelanggan membutuhkan. Misalnya, dengan jam buka yang lebih lama pada akhir pekan (jika pada saat itu jumlah pelanggan selalu meningkat), penerimaan pesanan lewat telepon, dsb.
  6. memasang papan nama yang besar dan jelas, baik di dalam maupun di luar toko.

(WM/ E117/ ThV/ 2109-041205)