Melayani pelanggan, sebaiknya tidak hanya sebatas memberikan produk yang mereka beli. Ada hal-hal lain yang juga penting diperhatikan.
- Pastikan pelanggan telah memiliki semua barang yang dibutuhkan untuk memakai produk tersebut (misalnya bila membeli roti tawar, tanyakan apakah ia memerlukan mentega, selai, dsb.)
- Membantu mengurangi kebingungan. Bila pelanggan bingung memilih cake yang tepat untuk ulang tahun anaknya yang beranjak dewasa, bantulah memilihnya dengan alasan yang tepat.
- Menanggapi ketergesaan pelanggan. Bila pelanggan sedang terburu-buru, bekerjalah dengan cepat untuk mengakolodasinya.
- Membuat ruang kerja bebas penghalang dan mudah diakses.Area yang terbuka terlihat lebih baik dan memudahkan komunikasi.
- Selalu siap saat pelanggan membutuhkan. Misalnya, dengan jam buka yang lebih lama pada akhir pekan (jika pada saat itu jumlah pelanggan selalu meningkat), penerimaan pesanan lewat telepon, dsb.
- memasang papan nama yang besar dan jelas, baik di dalam maupun di luar toko.
(WM/ E117/ ThV/ 2109-041205)