Dengarkan Setiap Keluhan Pelanggan

 

Karena kesibukan, kadang kita tidak sabar mendengarkan pelanggan yang mengeluhkan ketidak puasannya. Padahal sikap ini bisa berakibat fatal. Kehilangan pelanggan. Inilah beberapa langkah untuk pendengar yang baik.

  1. Fokuskan pada isi keluhan pelanggan. Jangan terpancing pada bagaimana pelanggan menyampaikan keluhan tersebut. Bisa saja pelanggan terlalu emosional menyampaikan keluhannya, tapi ia tahu apa yang dirasakannya kurang dari pelayanan kita.
  2. Tahan amarah. Jangan berusaha mengemukakan penilaian sebelum pelanggan selesai bicara. Jika ia marah, jangan menanggapi dengan membela diri. Dengarkan saja ia bicara.
  3. Berlatihlah mendengarkan. Jaga kontak mata dan disiplinkan diri kita sendiri untuk mendengar apa yang sedang dikatakan. Singkirkan pikiran apapun yang mengganggu. Jadikan pelanggan sebagai pusat perhatian.
  4. Carilah kejelasan dari pelanggan, sehingga kita benar-benar mengerti kebutuhan mereka. Lakukan ini dengan menggunakan pertanyaan tulus. Jangan menginterogasi, tetapi mintalah mereka untuk membantu kita untuk memahami apa yang mereka maksud.
(WM/ E118/ 05-181205)