Menggaet Pelanggan Baru

Dengan segala keterbatasan, usaha kecil mesti menjalankan kiat tersendiri untuk menggaet pelanggan baru.
  1. Dari Mulut ke Mulut. Ini merupakan khas pemasaran usaha kecil menengah (UKM), yang banyak digunakan dan memang terbukti efektif tanpa perlu mengeluarkan biaya. Karena itu, berikanlah pelayanan terbaik kepada konsumen. Tentu saja mutu produk pun harus mendukung. Konsumen yang puas niscaya akan memberitahukan atau menceritakan kepuasannya.
  2. Logo Atau Merk. Agar konsumen atau calon konsumen mudah mengingat produk kita, keberadaan logo atau merk dagang seringkali sangat penting. Termasuk untuk produk yang tingkat persaingannya tinggi. Jadikanlah logo atau merek tersebut benar-benar khas produk atau perusahaan kita, dengan menggunakannya dimana-mana, mulai dari papan nama, bon, kop surat bahkan pada kendaraan operasional, dan sebagainya.
  3. Karyawan. Karyawan bisa menjadi media promosi yang pengaruhnya besar. Kemampuan mereka harus ditingkatkan terus-menerus, agar bisa membuat produk dengan kualitas baik, dan mampu melayani pembeli dengan layanan prima.
  4. Sponsorship. Lakukanlah hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Misalnya, dengan cara mendukung acara-acara tertentu yang melibatkan orang banyak, seperti HUT RI 17 Agustus.
  5. Iklan. Menayangkan iklan di radio atau koran lokal, pada umumnya cukup efektif dan biayanya tidak terlalu mahal. Namun iklan tersebut harus dibuat menarik, karena mencerminkan citra perusahaan kita. Jika memungkinkan, sesekali undanglah karyawan media lokal untuk mengunjungi tempat usaha kita, dan mewartakannya. Untuk itu, usaha tersebut mesti mempunyai keunikan, yang membedakan dengan pesaing.


ATRACTING NEW CUSTOMERS

With all the limitations, small businesses must perform its own strategies to attract new customers.
  1. By telling others. This is a typical of small- medium business enterprises, which is widely used and are proven to be effective without spend some cost. Therefore, give the best service to consumers. Make sure product quality must also be improved. Satisfied customer will tell others about his satisfaction.
  2. Logo Or Brand. In order to make the consumers or potential consumers remember our product easily, the existence of a logo or trademark is very important. Including for product which has a high-level competition. Make the logo or brand as a specific characteristic of our product or our company, by using it everywhere, from signs, receipts, letterhead and even on operational vehicles, and so on.
  3. Employees. Employees can be a campaign media that has a big influence. Their ability should be improved continuously, in order to make products in a good quality, and able to serve customers with excellent service.
  4. Sponsorship. Have a good relationship with the surrounding environment. For example, by supporting certain events involving many people, such as christmas celebration, or any other celebration.
  5. Advertisement. Publishing Ads on the radio or local newspapers is quite effective and cheap in cost. However, these ads should be interesting, because it reflects our corporate image. If possible, invite the local-media employee occasionally to visit our company, and proclaim it. Therefore, the business must have a uniqueness, what distinguishes it with the competitor.

(WM/ E116/ ThV/ 07-101105)