Mendongkrak Kembali Pemasaran

pada tingkat tertentu, pasar sebuah produk akan mengalami kejenuhan yang berlanjut dengan penurunan penjualan. bagaimana mengantisipasinya?

selaris apapun sebuah produk dipasaran, suatu ketika pasti mencapai puncak kejenuhan pasar. Kejenuhan pasar ini sudah merupakan hukum ekonomi. Tanda - tandanya, biasanya dimulai dengan volume penjualan yang mentok, kemudian cenderung menurun.

Tentu saja banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kejenuhan pasar. Disamping sikap konsumen yang mulai bosan, bisa juga karena adanya produk sejenis dari pesaing yang menawarkan hal yang baru kepada konsumen.

Jika anda mengalami hal itu, tentu saja jangan panik. Masih jauh dari kiamat. Pada tahap ini, anda masih dapat menarik keuntungan meskipun volume penjualan telah menurun. Dalam hal ini yang dijadikan sasaran penjualan adalah konsumen yang mempunyai loyalitas tinggi.

Jadi mereka yang masih setia dan fanatik dengan produk lama, senantiasa memerlukannya dan tidak akan berpaling ke lain hati. Sebab konsumen yang satu dengan yang lainnya, mempunyai sifat yang berlainan.

Ada yang suka produk baru dan mudah tertarik karena promosi yang dilancarkan pesaing, ada pula yang sulit menyesuaikan diri dengan produk baru sehingga mereka sama sekali kurang tertarik dan masih tetap memakai produk lama yang dirasa bermanfaat dan mutunya menjamin kepuasan.

Namun tentu saja anda tidak akan puas berada di tingkat penjualan lebih rendah, dan lebih banyak mengandalkan konsumen yang loyal. Anda pasti menghendaki agar penjualan terangkat kembali, paling tidak bisa mencapai tingkat ketika penjualan produk anda sedang jaya - jayanya.

Disini, yang anda perlukan adalah langkah-langkah terobosan yang bersifat inovatif. Caranya, antara lain, dengan menampilkan produk lama Anda dengan citra yang baru meskipun dengan hanya mengubah bentuk atau kemasannya saja. Bisa juga melakukan terobosan dalam bidang pemasaran, untuk menembus pasar-pasar baru yang sebelumnya belum tergarap secara maksimal. Atau, menciptakan produk yang sama sekali baru, namun produk lama tetap dipertahankan.

Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa sebagai pengusaha, Anda harus bisa menjaga stamina syukur-syukur bisa meningkatkan dan selalu terbuka terhadap hal-hal yang baru, sehingga langkah perubahan dianggap sebagai sesuatu yang sangat mungkin terjadi, kapan saja.


BOOSTING BACK THE MARKETING
At a certain level, the market will experience a surfeit of products that continues to decline in sales.
How to anticipate it?

How high the sales of a product in the market, at one time must reach the market saturation.
The market saturation is an economic law. Its signs are usually started with a fixed volume of sales, then tended to decline.

Of course, there are many factors that can lead to market saturation. Besides the attitude of consumers which have get bored, it can also be due to similar products from competitors that offer something new to consumers.

If you are experiencing it, do not be panic. It is still far from the end. At this stage, you can still take advantage even though sales volume has decreased. In this case the target is the consumer that have high loyalty.

So those who are still loyal and fanatical with the old product will always need it and will not turn into another's products. For one consumers have different characters with others.

There are consumers who like the new product and easily attracted by the campaign launched by competitors, but some are difficult to adjust to the new product so they are less interested at all and still continue to use old products that feel useful and have satisfaction guarantee.

But of course you are not satisfied at lower sales levels and more rely on the loyal customers.
You'll want to back the sale up at least reaching the level when your product sales are thriving its prime.

Here, all you need is the steps that are innovative.
One of ways is by showing your old products with new images, although with only changing the shape
or the packaging itself. You can also make a breakthrough in the field of marketing, to penetrate new markets that previously had not fully achieved. Or, creating a product which is entirely new but retaining the old product.

One thing to notice is that as an entrepreneur you should be able to maintain your health, it will be better if those all can be improved. Having an open mind to new things are also needed so the pace of change is considered as something that is very possible at any time.


(WM/ E141/ThVIII/ 0108)