Membangun Keakraban Dengan Konsumen

Menyapa dengan menyebut nama konsumen, akan mempunyai dampak luar biasa. Tapi hati - hati, jangan bersikap sok akrab, karena bisa berakibat fatal.

Nama kita adalah salah satu bunyi favorit hampir semua orang. Bayangkan, dalam waktu yang tidak terduga, ada orang yang dengan penuh keakraban menyapa kita dengan menyebut nama. Terasa nyaman dan sangat dihargai, bukan?

Hal serupa niscaya, akan dirasakan konsumen ketika kita menyapa dengan menyebut namanya. Tapi, tentu saja penyebutan nama itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut adalah cara yang efektif untuk mengakrabkan diri pada konsumen, dengan menyebut namanya.
  • Ketika waktu tepat, perkenalkan diri anda kepada konsumen, dan tanyakan namanya (misalnya kalau ia tampak santai, tidak sedang terburu-buru)
  • Jika anda tidak dapat memperkenalkan diri atau sulit memperoleh nama pelanggan, dapatkan nama pelanggan tersebut dari media lain. Misalnya formulir pemesanan, atau dokumen lain milik mereka.
  • Hindari keakraban yang terlalu cepat. Usahakan menyapa konsumen dengan sapaan Pak, Bu, Mbak, atau Mas. Anda akan terlihat tidak sopan bila memanggil langsung nama depannya (apalagi bila karyawan yang lebih muda menangani pelanggan yang lebih tua). Mulailah dengan sapaan formal. Bila pelanggan meminta anda menyapa dengan nama depan, baru anda boleh melakukannya.
  • Cobalah untuk mengingat nama-nama pelanggan yang sering datang. Jika anda melupakan salah satunya, tanyakan kepada rekan kerja anda.
  • Jika anda tidak yakin bagaimana melafalkan sebuah nama, tanyakan kepada pemilik nama tersebut.

HAVING A GOOD INTIMACY WITH CONSUMERS

Greet customers by name, will have a tremendous impact.
But be careful, do not be self-close, because it can lead to bad effect.

Our name is one of the favorite sound for almost everyone.
Imagine, in the unexpected time, there is someone with familiarity greet us by name.
You will feel comfortable and very appreciated, aren't you?

The same thing will be felt by our customers when we greet them by name.
But, of course mentioning the name can not be done haphazardly.
Here is an effective way to familiarize yourselves to your consumers, by mentioning their name.

  • In the right time, introduce yourself to consumers,and ask his or her name, for example, when he is looked relaxed and not in a hurry.
  • If you can not introduce yourself or difficult to obtain the customer's name, get the customer's name from other media. For example order forms, or other documents belong to them.
  • Avoid intimacy in a too-quick time. Try to greet customers with a greeting Mr., Mrs., Miss, or Sir. You'll be seen as being impolite when calling his or her first name directly, especially if younger employees handle older customers. Start with a formal greeting. When the customers ask you to greet them by name then you can do it.
  • Try to remember the names of the customers who often come. If you forget one of them, check with your colleagues.
  • If you are not sure how to pronounce a name, ask the owner of the name.

(WM/ E122/ ThVI/ 0306)