Membidik Pelanggan Baru

Setelah sekian lama menjalankan usaha tentu perlu mengembangkan pasar. Untuk itu harus ada sasaran pelanggan baru yang harus dibidik. Dengan segala keterbatasannya, usaha kecil harus menjalankan kiat tersendiri untuk menggaet pelanggan baru. Apa saja kiat yang dimaksud?

Dari mulut ke mulut
Ini merupakan khas pemasaran usaha kecil menengah (UKM) yang banyak diandalkan dan memang terbukti efektif tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena itu, berikanlah pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumen. Tentu saja mutu produk pun harus mendukung. Konsumen yang puas, niscaya akan memberitahukan atau menceritakan kepuasannya kepada orang lain di sekitarnya.

Logo atau merek
Agar konsumen atau calon konsumen mudah mengingat produk kita, keberadaan logo atau merek produk seringkali sangat penting. Termasuk untuk produk yang tingkat persaingannya tinggi. Jadikanlah logo dan merek tersebut benar-benar menjadi khas produk usaha kita dengan menggunakannya di mana-mana, mulai dari papan nama, bon, kop surat bahkan pada kendaraan operasional dan sebagainya.

Karyawan
Karyawan bisa menjadi "media promosi" yang pengaruhnya besar. Kemampuan mereka harus ditingkatkan secara terus menerus agar bisa membuat produk dengan kualitas baik dan mampu melayani pembeli dengan layanan prima.

Sponsorship
Lakukanlah hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar. Misalnya dengan cara mendukung acara-acara tertentu yang melibatkan banyak orang.

Iklan
Menayangkan iklan di radio atau koran lokal pada umumnya cukup efektif dan biayanya tidak terlalu mahal. Namun, iklan tersebut harus dibuat menarik karena mencerminkan citra perusahaan kita. Jika memungkinkan, sekali-sekali undanglah wartawan media lokal untuk mengunjungi tempat usaha kita dan mewartakannya.
Untuk itu, usaha tersebut harus mempunyai keunikan yang membedakannya dengan pesaing.

(WM/E167/ThX/2010)